Monday, February 11, 2013

MENGENAL KONSTRUKSI BAN


Saat ini hampir semua kendaraan yang kita gunakan sehari-hari menggunakan ban untuk mendapatkan traksi atau daya cengkeram antara kendaraan dan permukaan jalan. Selain itu ban juga memiliki peran dalam menyerap getaran yang timbul akibat gerakan kendaraan dan kondisi permukaan jalan.


Ban pneumatic yang berisi udara atau biasa kita sebut ban hidup pertama kali diperkenalkan oleh  John Boyd Dunlop. Perkembangan teknologi selanjutnya yang memungkinkan karet alam memiliki kemampuan lebih baik adalah ditemukannya teknik vulkanisasi oleh Charles Goodyear dan Robert William Thomson.

Ban menjadi komponen yang sangat penting pada kendaraan kita baik dari sisi keselamatan maupun efisiensi. Namun sayangnya, komponen yang satu ini sering kali diabaikan bahkan baru diperiksa jika mengalami kerusakan. Padahal kondisi ban yang buruk sangat berpengaruh pada pengendalian kendaraan, daya pengereman dan juga kenyamanan selama kita mengemudi atau berkendara.


Konstruksi Ban
Ada dua jenis konstruksi ban yang secara umum kita kenal di Indonesia yaitu Bias dan Radial


*Konstruksi ban bias
Konstruksi Bias
Konstruksi Bias terdiri dari beberapa lapisan (ply) yang disusun secara diagonal.  Keuntungan tipe konstruksi ini memungkintan seluruh bagian ban menjadi lentur dan fleksibel yang memberikan kenyamanan ketika berkendara di permukaan jalan yang tidak rata. Kekurangan dari konstruksi Bias adalah meningkatnya hambatan putar dan kurangnya traksi pada kecepatan tinggi akibat sifat fleksibel di seluruh bagian ban tadi.  Pada beberapa tipe ban, ditambahkan belt yang terbuat dari baja atau nylon untuk memperbaiki kekurangan konstruksi bias ini.

*Konstruksi ban radial
Konstruksi Radial
Pada konstruksi radial susunan lapisan dibuat tegak lurus (90 derajat) terhadap arah tapak ban, dengan beberapa lapisan lebih tebal di area tapak ban. Susunan konstruksi ini membuat fleksibilitas yang terjadi pada dinding ban tidak mempengaruhi daya cengkram ban terhadap jalan. Keuntungannya hambatan putar pada konstruksi radial menjadi lebih rendah sehingga efisiensi meningkat dan daya cengkram yang lebih baik pada kecepatan tinggi.

No comments:

Post a Comment